Selasa, 08 Agustus 2023

The International 2023 Dota 2 : Jadwal dan Format Baru


The International event tahunan Dota 2 sebentar lagi akan dimulai, tepatnya pada 12 Oktober 2023 sampai dengan 29 Oktober 2023 di Seattle Amerika Serikat. The International merupakan nama event Piala Dunianya Dota 2, terdapat 20 total tim yang akan bertanding nanti. Bila dilihat kembali The International tahun ini lebih lama 2 hari ketimbang tahun kemarin. Ini dikarenakan Valve mengubah format jadwal pertandingannya, dengan hanya tayang saat weekend break dan weekend (Jumat, sabtu, dan minggu). Saya kira ini bagus untuk menarik banyak penonton, terutama bagi orang yang sibuk pada saat weekday. Total terdapat 3 minggu The International ini akan diselenggarakan, di mana 1 minggu untuk Group Stage, 1 minggu untuk Playoffs, dan 1 minggu terakhir untuk The Finals.

Schedule

Terdapat 12 tim yang sudah mengamankan dan di invite oleh Valve ke The International. Tim-tim tersebut merupakan tim yang mempunyai DPC (Dota Pro Circuit) tinggi atau kata lainnya poin. Poin tersebut didapat dari pertandingan-pertandingan yang telah mereka lewati seperti, kualifikasi ke event Major dan bermain di Major. Jadi bila tim berhenti di posisi 5 di kualifikasi Major dan posisi 8 di Major akan mendapatkan poin terkecil, di bawah posisi itu tidak mendapatkan poin. Berikut 12 tim yang sudah mengamankan tempatnya di The International.


Invited Teams

Hanya 12 tim saat ini? Lalu bagaimana dengan 8 sisanya? mereka yang ingin bermain di The International akan bertanding di region kualifikasi, dan bagi mereka yang berada di posisi pertama akan mendapatkan tempat terakhir di The International. Kecuali untuk region South America dan Western Europe mereka mendapatkan 2 tempat, jadi tim yang berada diposisi 2 dapat bertanding di The International. Format kualifikasi ini sedikit berbeda dengan format sebelumnya di mana tim yang berada di posisi 2/3 saat region kualifikasi akan ditandingkan lagi dengan semua region tim yang berada di posisi 2/3 dan hanya 2 tim saja yang akan mendapat tempat terakhir di The International.

Regional Qualifier Teams

Selain mengubah format region kualifikasi Valve juga mengubah format pertandingan di The International, yang di mana tahun kemarin Valve hanya membagi 20 tim menjadi 2 group, kemudian 2 tim di posisi terakhir langsung tereliminasi atau tidak bermain di Main Event. Format baru ini cukup menarik karena berada di posisi 1 atau 2 di group stage tidak menjamin berada di Upper Bracket Kenapa? Begini, untuk format baru 20 tim akan dibagi menjadi 4 group yang diisi oleh 5 tim. Bagi yang di posisi 5 akan langsung terleminasi ini disebut dengan "Phase One".

Phase One

Setelah Phase One selesai mereka yang belum terleminasi akan ditandingkan kembali untuk mendapatkan posisi upper bracket dan lower bracket di Main Event. Jadi bagaimana caranya posisi 4 di group (Phase One) bisa ditempatkan di upper bracket? Mereka yang berada di posisi pertama katakan A1 akan di tandingkan kembali dengan group B di posisi 3/4 atau B3/4. A2 juga akan melawan B3/4 sehingga tim yang berada di posisi 3 atau 4 di Phase One dapat kesempatan untuk berada di upper bracket. Format ini disebut dengan Phase Two. Berikut gambaran lebih jelasnya.

Phase Two

Phase Two selesai Main Event pun dimulai. Bagi tim yang menang di Phase Two otomatis akan masuk ke Upper Bracket yang tentu saja sangat menguntungkan, karena setelah kalah akan mendapatkan kesempatan kedua untuk bertanding kembali di Lower Bracket dan akan tereleminasi bila kalah kembali. Tim yang kalah di Phase Two akan dimasukkan ke Lower Bracket. Format di Main Event sendiri merupakan Best Of 3 sama seperti Phase Two, sedangkan Phase One hanya Best Of 2.

Main Event

Tidak sabar rasanya untuk menonton The International 2023, karena selalu ada saja kejutan yang sangat seru terjadi di The International ketimbang di Event dota 2 lainnya. Ada hal lain yang saya dan penggemar dota 2 lain tunggu-tunggu, yaitu pengganti Battle Pass. Bagi yang tidak tahu, menjelang The International Dota 2 selalu membuat Battle Pass di mana 30% pendapatan dari penjualan Battle Pass akan menjadi Prize Pool The International. Battle Pass sendiri berisi beberapa kosmetik hero mulai dari yang common sampai dengan ultra rare dan bahkan menjadi ekslusif karena tidak bisa dijual di market steam. Masih belum tahu kapan akan diumumkan, tapi prediksi saya mungkin akan berbarengan dengan penjualan tiket The International. Tiket The International akan dijual pada pertengahan bulan Agustus.

Source:

0 comments:

Posting Komentar